Blogger Bisa Apa Untuk Menyukseskan Gerakan Menuju Indonesia Maju?

Agus Mulyadi, Pemateri Pertama Acara Flash Blogging Jogja

Agus Mulyadi, Pemateri Pertama Acara Flash Blogging Jogja (Dokumentasi Retno Septyorini)

“Blogger bisa apa untuk memajukan Indonesia?”.

Kalau saya ditanya demikian, maka dengan mantap akan saya jawab: “Bisa membantu menyebarkan konten baik untuk Indonesia yang lebih maju”. Apalagi setahun belakangan ini saya dan tim bolak-balik Jogja-Banjarmasin untuk mencoba mengembangkan potensi ekonomi kreatf di kawasan yang dikenal lus dengan sebutan Tanah Banua ini.

***

Saya pernah mendengar cerita tentang menyalanya salah satu distrik di pelosok timur sana karena cerita seorang blogger yang diunggah di dunia maya.

Sayangnya, saya juga melihat sendiri bagaimana hancurnya persahabatan kawan sejawat saya yang pada akhirnya memutuskan tali silaturahmi karena terprovokasi konten tidak baik yang begitu massif disebar di dunia maya.

Meski terkesan sepele, namun bisa ditarik benang merahnya bukan? Bahwasanya profesi blogger alias tukang nulis “plus-plus” ini (plus jadi juru dan tukang edit foto sekaligus jadi editor) ada juga kontribusinya untuk kemajuan Indonesia tercinta. Jadi nek ndilalahe kawan-kawan juga memiliki hobi nulis, jangan ragu untuk menyalurkannya di lahan yang benar. Karena apapun pengetahuan kawan-kawan, bisa jadi membuka banyak peluang baru untuk mereka yang membutuhkan di luar sana.

Salah satu hal yang benar-benar membuat saya haru adalah masuknya sasirangan, kain tradisional kebanggaan Urang Banua dalam Indonesia Fashion Week, pada akhir Maret lalu. Sasirangan yang dulu kerap dipandang sama dengan kain ikat celup lainnya seperti kain jumputan Palembang ataupun shibori khas Jepang. Padahal dari cara pembuatannya saja sudah beda karena motif pada sasirangan dibuat dengan cara dijelujur terlebih dahulu, baru diikat lalu dicelup.

**

Sebagai blogger pemula yang tinggal di Jogja, saya kerap merasa diuntungkan karena dapat menyalurkan hobi menulis di berbagai wadah yang benar. Salah satunya di acara Flash Blogging bertajuk “Menuju Indonesia Maju” yang diadakan pada Jum’at pagi, 06 April 2017 di Hotel New Saphire ini. Acara yang terselenggara atas kerjasama Dinas Kominfo DIY Yogyakarta dan Ditjen Informasi & Komunikasi Publik ini mempertemukan saya dengan salah satu blogger idola favorit saya, Agus Mulyadi.

“Meski terkesan sepele sekaligus kerap dianggap sebagai pekerjaan yang tidak menghasilkan, pada kenyataannya konten di sosial media kini memiliki pengaruh yang sangat besar. Jika tahu trik-nya, selain dapat menjadi ajang pencitraan, sekaligus eksistensi diri, kini konten blog dapat menjadi alat untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan cara yang terbilang cukup renyah mudah. Bukan menjadi rahasia lagi lah kalau kini lomba blog menyediakan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Kebijakan Pemerataan yang Berkeadilan

Kebijakan Pemerataan yang Berkeadilan (Dokumentasi Retno Septyorini)

Di sesi lain, Tim Komunikasi Presiden, Bapak Andako Darta juga menyorot manfaat menyebarkan konten baik, seperti pencapaian pemerintah kita selama beberapa tahun belakangan. Selain dapat membuka wawasan kita akan fakta lapangan yang benar, penyebaran konten baik juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat dan optimisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di samping itu, penyebaran konten baik diharapkan mampu mengurangi tingginya hoax yang secara tidak langsung kerap menjadi sumber perpecahan dan kegaduhan di sekitar kita.

Jadi, apapun profesi kita, jangan pernah lelah untuk mencintai Indonesia.

Salam hangat dari Jogja,

-Retno-

Retno Septyorini

Perkenalkan, nama saya Retno Septyorini, biasa dipanggil Retno. Saya seorang content creator dari Jogja. Suka cerita, makan & jalan-jalan. Kalau ke Jogja bisa kabar-kabar ya..

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comment

Leaver your comment

About Me

Wiloke

Retno Septyorini

Welcome to my creative blog │ Content creator @halomasin │Talk about figure, wastra, travel &culinary│ Happy living in Jogja

About Me